Perkembangan sistem informasi manajemen

Perkembangan sistem informasi manajemen

Sistem informasi manajemen secara khusus memiliki beberapa kemampuan teknis sesuai yang direncanakan baginya. Dengan kata lain, sistem informasi manajemen adalah sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang sama.

Peranan sistem informasi manajemen dalam sebuah perusahaan sangat penting yaitu sebagai penunjang kinerja perusahaan karena sebuah perusahaan yang besar / mempunyai jaringan yang sangat luas membutuhkan data yang cepat, akurat dan inovatif dalam kinerja dan untuk
menunjang operasional sebuah perusahaan.

Supaya informasi yang dihasilkan oleh sistem informasi dapat berguna bagi manajemen maka analisis sistem harus mengetahui kebutuhan kebutuhan informasi yang dibutuhkannya yaitu dengan mengetahui kegiatan-kegiatan untuk masing-masing tingkat / level manajemen dan tipe keputusan yang diambilnya.

Sehingga sistem informasi manajemen adalah suatu sistem yang menyediakan kepada pengelola organisasi data maupun informasi yang berkaitan dengan pelaksanaan tugas-tugas organisasi.

Perkembangan sistem informasi manajemen

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi Perkembangan sistem informasi manajemen, yaitu :

Bisnis Internal

Aspek-aspek yang terkait dengan kondisi terkini pada suatu organisasi serta strategis meliputi :

a. Visi, misi dan strategis suatu organisasi yang menjadi suatu pedoman arah akan seperti apa suatu organisasi tersebut di masa yang akan datang
b. Posisi organisasi dalam industri sekarang dan kekuatan apa saja yang mempengaruhinya
c. Kekuatan, kelemahan dan peluang organisasi serta tantang di masa mendatang
d. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan strategi perusahaan
e. Dokumen organisasi yang berhubungan dengan kegiatan utama dan kegiatan pendukung dalam suatu organisasi

Bisnis Eksternal

Merupakan aspek-aspek di luar organisasi yang dapat mempengaruhi strategi organisasi, seperti :
a. Aspek politik, diantaranya kebijakan pemerintah dan peraturan perundang-undangan
b. Aspek ekonomi, persaingan dalam industri, tingkat permintaan dan penawaran, tingkat inflasi
c. Aspek sosial, hubungan dan kepercayaan mitra kerja
d. Aspek teknologi, perkembangan teknologi

Baca juga :  VPN Terbaik untuk nonton streaming 2022

Internal Teknologi

Kondisi sistem informasi / teknologi informasi (SI/TI) saat ini yang digunakan dalam mendukung kegiatan opersional organisasi yang meliputi :

a. Struktur organisasi SI/TI dan Sumber Daya Manusia (SDM)
b. Portofolio aplikasi mendatang. Yaitu aplikasi yang telah dimiliki organisasi dimasukkan dalam portofolio yang berguna untuk mengetahui kondisi TI pada organisasi saat ini.
c. Pemetaan proses bisnis ke dalam suatu model yang menggambarkan arus informasi yang terjadi dalam kegiatan bisnis organisasi.
d. Infrastruktur TI (hardware, software dan network)
e. Manajemen informasi (pengelolaan SI dan TI) yang telah dan akan dimanfaatkan oleh organisasi untuk mendukung tercapainya sasaran bisnis.

Eksternal Teknologi

Yaitu perkembangan teknologi informasi terkini dan tren ke depan, seperti :
a. Tren teknologi informasi, bisa dengan mempelajari tren teknologi yang tengah berkembang yang khususnya bisa diterapkan pada kegiatan / bisnis organisasi.

Tujuan mempelajari hal ini adalah agar tidak terjadi kesalahan dalam pemilihan teknologi yang diterapkan dan dikembangkan dalam perusahaan. Tidak semua produk-produk teknologi informasi tergolong baik.

Dengan adanya tren ini berarti adanya peluang baru untuk meningkatkan kinerja organisasi di masa yang akan datang.

b. teknologi yang sedang dipakai oleh pihak tekait dengan kegiatan / bisnis organisasi
c. Peluang dan kemungkinan penggunaan teknologi untuk keunggulan di masa mendatang

Sistem Informasi Manajemen-SIM (management information system-MIA) sebagai suatu sistem berbasis komputer yang membuat informasi tersedia bagi para pengguna yang memiliki kebutuhan serupa.

Para pengguna SIM biasanya terdiri atas entitas-entitas organisasi formal perusahaan atau sub-unit anak perusahaannya. Informasi yang di berikan oleh SIM menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya dilihat dari apa yang terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi, dan apa yang kemungkinan akan terjadi di masa depan.

Baca juga :  Trailer film Doctor Strange 2

Tujuan dari sistem informasi manajemen adalah menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen; menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan; menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.

Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dan pengguna lainnya perlu memiliki akses ke informasi akuntansi manajemen dan mengetahui bagaimana cara menggunakannya.

Informasi akuntansi manajemen dapat membantu mereka mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan masalah, dan mengevaluasi kinerja (informasi akuntansi dibutuhkan dam dipergunakan dalam semua tahap manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan).