Desktop

Pengertian kewargaan digital

Kewargaan digital membuat para pengguna teknologi lebih bertanggung jawab dalam memakai fitur digitalnya. Karena di masa digital dikala ini, kebebasan berkomentar serta berperilaku terkadang menyimpang apalagi melanggar norma ataupun peraturan yang ada.

Dilansir dari web Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan( Kemdikbud) mengenai pengertian kewargaan digital, kewargaan digital adalah kumpulan norma sikap yang pas serta bertanggung jawab dalam memakai teknologi informasi. Kewargaan digital ataupun kewarganegaraan digital adalah serangkaian konsep guna memberi pengetahuan mengenai pemakaian teknologi dunia maya secara benar serta pas.

Ada berapa komponen pada kewargaan digital? Dikutip dari buku Framework Pendidikan Pembelajaran Kewarganegaraan Abad 21( 2019) oleh Verbena Ayuningsih Purbasari, dkk, terdapat 9 komponen pada kewargaan digital, ialah:

  1. Akses digital
  2. Perdagangan digital
  3. Komunikasi digital
  4. Literatur digital
  5. Etika digital
  6. Hukum digital
  7. Hak serta kewajiban digital
  8. Kesehatan digital
  9. Keamanan digital

Akses digital

Akses digital merupakan komponen sangat mendasar guna menjadi masyarakat digital. Beberapa aspek mempengaruhi akses digital yang dipunyai seorang, semacam status sosial serta ekonomi, domisili ataupun tempat tinggal, serta sebagainya.

Contoh akses digital merupakan sekolah yang memfasilitasi murid serta guru untuk tersambung dengan dunia digital, melalui penyediaan pc dan akses internet.

Perdagangan digital

Aktivitas perdagangan digital mempermudah manusia dalam bertransaksi. Walaupun begitu, aktivitas ini butuh dijalankan secara bijak serta berjaga- jaga. Sebab sangat bisa jadi aksi kejahatan terjalin.

Contohnya penyalahgunaan informasi individu, semacam kartu debit serta kredit buat membeli benda secara daring, maraknya konten pornografi, perjudian online, transaksi narkoba, serta penipuan online.

Baca juga :  Hacker Korea Utara mencuri crypto senilai $600 juta

Komunikasi digital

Menurut Yuan Badrianto, dkk dalam buku Komunikasi Bisnis( 2022), komunikasi digital merupakan seluruh tipe komunikasi yang mengandalkan pemakaian teknologi selaku sarananya, semacam email, panggilan telepon, video conference, serta lain- lain.

Pada dasarnya, komunikasi digital dapat dicoba secara tertulis ataupun lisan. Contoh, guru mengajar muridnya melalui aplikasi Zoom ataupun Google Meet, serta murid yang mengirimkan hasil tugasnya lewat email kepada guru.

Literatur digital

Komponen kewargaan digital ini memberi uraian gimana memakai sesuatu fitur digital.

Contohnya, literatur tentang bagaimana triknya memakai Google Chrome selaku fasilitas pencarian data.

Etika digital

Etika digital merupakan metode mengomunikasikan sesuatu perihal melalui media teknologi data cocok etika yang berlaku. M

misalnya, bijak dalam berpendapat ataupun mengirimkan pesan di media sosial, tidak menyebarkan kabar bohong, serta berperilaku ataupun berdialog sopan kepada orang lain sesama pengguna teknologi.

Hukum digital

Digunakan buat mengestimasi terbentuknya hal- hal yang tidak diinginkan dalam dunia digital.

Contohnya, Pemerintah Indonesia merumuskan peraturan yang mengendalikan soal pelanggaran hak cipta, penyalahgunaan informasi individu, serta cyber bullying.

Hak serta kewajiban digital

Ialah seperangkat hak serta kewajiban yang dipunyai pengguna digital kala memakai teknologi data serta komunikasi. Selaku contoh, hak masyarakat digital merupakan privacy informasi pribadinya dilindungi. Sedangkan kewajibannya yakni berbicara serta berperilaku sopan dikala memakai media digital.

Kesehatan digital

Pemakaian media digital secara kelewatan dapat berdampak kurang baik untuk kesehatan seorang. Oleh karena itu, kesehatan digital diperuntukan buat menyadarkan warga guna lebih bijak dalam memakai media. Misalnya, tidak kelewatan dalam memakai pc serta gadget, dan memakai laptop yang tersambung dengan internet buat mencari data kesehatan.

Keamanan digital

Masyarakat digital wajib berupaya keras dalam melindungi informasi pribadinya, semacam peninggalan digital serta bukti diri individu. Contoh komponen kewargaan digital ini yakni giat mengubah password email, melaksanakan back- up informasi, dan menjauhi membuka web yang mencurigakan ataupun tidak formal.

Baca juga :  Spesifikasi terlengkap Samsung M23 5G