Apa itu BIOS?

Apa itu Desain Produk? Maksud dan Tujuan

Apa itu Desain Produk?

Desain produk adalah proses yang digunakan desainer untuk memadukan kebutuhan pengguna dengan tujuan bisnis untuk membantu merek membuat produk yang sukses secara konsisten. Desainer produk bekerja untuk mengoptimalkan pengalaman pengguna dalam solusi yang mereka buat untuk penggunanya—dan membantu merek mereka dengan membuat produk berkelanjutan untuk kebutuhan bisnis jangka panjang.

“Jika Anda berpikir desain yang bagus itu mahal, Anda harus melihat biaya desain yang buruk.”

— Dr. Ralf Speth, CEO Jaguar Land Rover

Perangkat pengembangan perangkat lunak

Mencakup Lebih Banyak Sudut pada Proyek – dengan Desain Produk

Desainer produk membantu membuat produk yang tidak hanya mudah dan menyenangkan (atau paling tidak memuaskan) untuk digunakan, tetapi juga disesuaikan agar berhasil secara konsisten di pasar . Mereka membantu menentukan sasaran produk , membuat peta jalan produk (ringkasan tingkat tinggi atau perkiraan 6–12 bulan tentang penawaran dan fitur produk), dan, idealnya, membantu merek merilis produk yang sukses . Sama seperti kegunaan dan desain antarmuka pengguna (UI) adalah bagian dari desain pengalaman pengguna (UX) , desain UX cocok dengan desain produk. Memang, desainer UX adalahberkaitan dengan seluruh proses memperoleh dan mengintegrasikan produk (termasuk aspek branding). Namun, perancang produk memperluas cakupan ini untuk memantau dengan cermat posisi merek mereka di pasar dari waktu ke waktu . Mereka mengukur kemungkinan dampak dari keputusan desain berdasarkan pengetahuan domain yang mendalam dan menjaga tim dan organisasi tetap memperhatikan gambaran yang lebih besar dan realitas bottom-line, terutama untuk jangka menengah hingga panjang. Oleh karena itu mereka dapat mencegah atau meminimalkan konsekuensi berisiko dari penerapan desain, dan membantu memaksimalkan dan mempertahankan keuntungan.

Baca juga :  Gunakan iCloud untuk pencadangan di iPhone, iPad, atau Mac

Sepanjang proyek, seorang desainer produk biasanya akan memandu tim desain Anda dan pemangku kepentingan tentang laba atas investasi (ROI) dan masalah tingkat yang lebih rendah seperti penempatan elemen antarmuka. Mata perancang produk untuk faktor-faktor seperti keinginan dan nilai produk adalah perlindungan penting untuk menjaga merek tetap kompetitif. Selain apa yang akan mereka lakukan sebagai desainer UX berorientasi umum (misalnya, melakukan penelitian UX , membuat persona ) , desainer produk juga menginformasikan dan merencanakan peta jalan dalam kolaborasi erat dengan tim pengembangan dan pemasaran untuk memastikan kelayakan implementasi desain.

Desain produk adalah seni dan ilmu. Ini adalah kombinasi dari peningkatan estetika produk, fungsionalitas, dan kinerja. Ini juga melayani tujuan teknis seperti dokumentasi untuk produksi, teknologi baru, atau tujuan IP.

Hasil akhir bagi kami adalah untuk memberikan Anda produk yang lebih unggul dari pesaing Anda atau lebih baik dari apa yang tersedia saat ini dalam hal daya jual dan kinerja. Jelas, produk Anda juga bisa menjadi penemuan baru!

Sejarah Desain Produk

Apa sejarah Desain produk?

Desain produk adalah hasil dari disiplin yang sangat mirip yang disebut Desain Industri.

Menurut masyarakat Desainer Industri Amerika:

“Desain Industri adalah praktik profesional merancang produk yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia setiap hari. Desainer industri tidak hanya fokus pada penampilan suatu produk tetapi juga pada bagaimana fungsinya, diproduksi dan pada akhirnya nilai dan pengalaman yang diberikannya bagi pengguna.”

Sebelum era produksi massal manufaktur, pengrajin membangun produk terutama dengan tangan. Ini berarti Ada lebih sedikit produk yang tersedia untuk dijual dan harganya lebih mahal. Kemudian, industrialisasi manufaktur memungkinkan bisnis untuk memproduksi produk secara massal dengan harga murah.

Baca juga :  Menu dan fitur terbaru Microsoft Powerpoint

Untuk membantu menjual produk mereka kepada jutaan orang yang sekarang mampu membelinya, produsen meminta bantuan desainer industri untuk menciptakan produk yang tidak hanya fungsional tetapi juga menyenangkan secara estetika.

Seiring waktu, bagian dari desain industri telah berkembang menjadi kategorinya sendiri: desain produk. Ini karena desain industri saat ini berkonotasi dengan produk fisik seperti furnitur dan peralatan rumah tangga. Sebaliknya, desain produk dapat merujuk ke produk apa pun-bahkan digital, produk virtual seperti aplikasi perangkat lunak.

Manfaat Desain produk:

1. Menurunkan Biaya – memahami proses manufaktur, menurunkan biaya produksi dengan merampingkan komponen atau dengan meningkatkan pilihan material.

2. Daya Tarik Visual – meningkatkan daya jual produk Anda dengan memodernisasi desainnya, dan meningkatkan daya tarik pasar sasaran Anda dengan menyesuaikan diri dengan tren pasar terkini.

3. Peningkatan Kinerja – berinovasi untuk membuat produk Anda lebih mudah digunakan, lebih kecil, lebih cepat, lebih kuat, atau lebih baik. Produk berkinerja lebih tinggi memberikan keunggulan atas pesaing Anda!

4. Peningkatan Daya Tahan – menganalisis titik lemah yang menjadi sumber kerusakan. Kami menstabilkan dan meningkatkan ini sehingga Anda memiliki lebih sedikit pengembalian dan umur panjang produk yang lebih besar.

5. Fitur Baru – mengajukan pertanyaan ‘bagaimana jika?’ dan berikan momen ah-ha dengan fitur baru yang akan menyenangkan pelanggan Anda.

6. Ramah Lingkungan – mengurangi kemasan, mengganti bahan, dan meningkatkan proses manufaktur untuk mengurangi dampak lingkungan dari produk Anda.

7. Persyaratan Hukum – menyesuaikan produk Anda untuk memenuhi perubahan dalam standar hukum, desain & keselamatan, dan persyaratan kepatuhan.

8. Gambar Produk – produksi gambar 3D dan gambar realistis foto yang dapat digunakan sebagai alat penjualan, atau sebagai bagian dari kit informasi produk. Membantu Anda menggambarkan produk Anda dengan lebih baik sebelum produksi.

Baca juga :  Apa itu Triple Helix?

9. Gambar Teknis  – memproduksi gambar teknis dan file CAD yang diperlukan untuk pembuatan prototipe dan manufaktur, dan bila diperlukan, untuk penggunaan aplikasi paten.